Apa Penyebab Penyakit Asam Urat?

gejala dan penyebab penyakit asam urat

Apa itu asam urat? penyakit asam urat adalah penumpukan asam urat sebagai hasil metabolisme pembongkaran zat purin, penumpukan asam urat biasanya di daerah persendian.

Penyakit asam urat ini merupakan radang yang terjadi pada persendian akibat perngkristalan asam urat atau natrium urat, namun radang sendi belum tentu penyakit asam urat.

Gejala gejala asam urat seperti rasa sakit dan nyeri pada persendian tulang biasanya terjadi pada pagi hari dan malam, gejala rasa nyeri dan sakit dapat terjadi berulang atau kambuh lagi, persendian tulang paling sering diserang adalah sendi tangan kaki dan siku.

Rasa sakit pada penyakit asam urat bisa terjadi sangat luar biasa apalagi bila ditekan atau disentuh, hal tersebut menjadikan penderita atau pasien asam urat lebih baik diam tanpa bergerak dari pada merasakan nyeri linu .

penyebab penyakit asam urat

Penyebab penyakit asam urat, faktor penting yang mendorong seseorang berpotensi terkena penyakit asam urat adalah seperti sering makan daging mengandung purin seperti jeroan, otak, ikan laut, udang dan kerang, daging dari binatang kelinci atau rusa, kegemukan dapat memicu asam urat, asam pria lebih memungkinkan terkena asam urat dari pada wanita, orang tua lebih beresiko dari pada anak usia muda, mempunyai masalah tekan darah tinggi atau hipertensi, mempunyai penyakit lain seperti diabetes atau penyakit gula dan penyakit ginjal, selain itu garis keturunan atau genetik menambah resiko seseorang terkena penyakit asam urat.

asam urat berkembang sendi meradang terdapat kristal

Mengobati penyakti asam urat seperti menguragi rasa sakit dari gejala nyeri linu dengan menggunakan obat-obatan seperti diclofenac, colchicine. untuk pengobatan dengan tujuan agar tidak terulang kembali penyakit asam urat nya seperti  allopurinol, sebaiknya penggunaan setiap obat sudah melakukan konsultasi dan dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Selain obat obatan sebagai pencegah penyakit asam urat sebaiknya dilakukan perubahan pola dan gaya hidup sehat sesuai kebutuhan seperti pola makan berimbang dan sehat tidak banyak mengkonsumsi makanan mengandung purin, tidak mengkonsumsi alkohol dan narkoba, minum air putih setiap hari secara cukup, kurangi kalori makanan secara sehat agar badan tidak terlalu gemuk atau obesitas untuk mencegah asam urat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Comment

Silahkan kirim Komentar...
Mohon Maaf Dilarang Komentar SPAM, Porno, Sara, Komentar tersebut akan segera kami hapus. terimakasih

Markup
  • Plese... comment with not link active and promo.
  • Insert code <i rel="code"> code </i>
  • Insert long code <i rel="pre"> code </i>
  • Insert quote <i rel="quote"> quote </i>
  • Insert images <i rel="image"> image URL </i>
  • Inser video [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Then parse code in box
  • © 2015 Simple SEO ✔