Apa itu Penyakit Tetanus?

luka rawan penyakit tetanus

Apa itu penyakit tetanus? tetanus merupakan infeksi karena bakteri Clostridium Tetani, bakteri masuk ke dalam tubuh karena ada luka tubuh kemudian memproduksi racun tetanospasmin yang menyerang sistem urat saraf.

Bakteri clostridium Tetani banyak terdapat pada tanah, kotoran manusia dan hewan untuk itu kta harus lebih hati-hati bila terkena luka terbuka untuk segera ditutup dan dirawat, spora dari bakteri tetani ini tersebar di tanah dan sistem saluran pencernaan dan kotoran tikus babi ayam anjing kuda dan domba.
Clostridium Tetani - Tetanus

Penyebab tetanus adalah bakteri tetani yang masuk ke dalam tubuh akan segera berkembang secara cepat serta menghasilkan produksi tetanospasmin atau  semacam neurotoksin atau racun menyebabkan sistem urat saraf terganggu kemudian tubuh menjadi kaku dan kejang-kejang.

Penyakit tetanus biasa terjadi pada orang yang mempunyai luka tubuh karena luka terbakar api, luka bekas suntik tidak steril, luka bekas operasi yang tidak dirawat dengan baik, luka tertusuk benda tajam, atau luka karena digigit hewan.

Gejala penyakit tetanus biasanya mulai nampak setelah 1 minggu lebih setelah bakteri masuk dalam tubuh, gejala tetanus secara umum biasanya seperti demam tinggi disertai keluar keringat, tekanan darah menjadi tinggi disertai jantung berdetak dengan sangat cepat, gejala otot menjadi kaku disertai tubuh kejang-kejang, otot kaku pada bagian perut, leher, serta kaku otot rahang sampai sulit untuk dibuka atau biasa disebut lockjaw.

Diagnosis penyakit tetanus dengan melakukan pemeriksaan fisik penderita baik luka maupun kondisi fisik lainnya, menanyakan kejadian dan riwayat kesehatan penderita atau pasien, riwayat pengobatan serta obat-obat yang sudah diberikan termasuk vaksin, gejala-gejala apa saja dialami penderita.

Pengobatan penyakit tetanus dilakukan berdasarkan diagnosis, penderita bila sudah divaksin segera diberikan obat untuk mengatasi infeksi atau menetralisir racun seperti imunologlobulin tetanus, namun bagi penderita yang belum pernah mendapatkan vaksinasi maka harus segera dirawat di rumah sakit. pengobatan secara umum dilakukan dengan antibiotik tetrasiklin dan penisilin, obat untuk mengendurkan otot dan obat antitoksin.

Mencegah penyakit tetanus biasanya dilakukan dengan memberikan vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) pada waktu anak-anak secara bertaham dalam periode waktu berusia beberapa bulan dan pada waktu usia 4-6 tahun. Untuk mencegah adanya infeksi tetanus harus dilakukan kebersihan lingkungan dan setiap luka tubuh harus dirawat dengan baik atau segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan tindakan atau anjuran, bila tidak segera ditangani tetanus bisa mengakibatkan penyakit lainnya seperti ginjal, paru-paru, dan penyakit jantung.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Comment
avatar

bagaimana cara mengobati, jika sudah terkena tetanus ?

Balas

Silahkan kirim Komentar...
Mohon Maaf Dilarang Komentar SPAM, Porno, Sara, Komentar tersebut akan segera kami hapus. terimakasih

Markup
  • Plese... comment with not link active and promo.
  • Insert code <i rel="code"> code </i>
  • Insert long code <i rel="pre"> code </i>
  • Insert quote <i rel="quote"> quote </i>
  • Insert images <i rel="image"> image URL </i>
  • Inser video [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Then parse code in box
  • © 2015 Simple SEO ✔