Penyakit Infeksi Rongga Hidung/ Sinusitis

penyakit sinusitis

Apa itu sinusitis? Penyakit sinusitis merupakan peradangan rongga hidung atau Peradangan salah satu dan sinus-sinus di hidung.

Penyebab Penyakit Sinusitis adalah infeksi karena bakteri bakteri atau jamur seperti Bakteri Haemophilus infiuenzae, bakteri Streptococcus pneumoniae, Bakteri Moraxella catarrhalis, Streptococci, Infeksi jamur yang dapat mengancam kehidupan.

Pada kasus Penyakit sinusitis kronis, penyebabnya adalah multifaktor. Misalnya: bakteri,jamur, ketidaknormalan anatomis dan kompleks hidung, dan penyakit tertentu seperti alergi, keJainan hormone, pengaruh nikotin, dan lain-lain.

Pada sinusitis karena jamur biasanya disebabkan oleh Bipolaris spicifera, Curvularialunata, A. fumigatus, A. niger, atau A. fiavus.

Sinusitis terjadi ketika nanah terperangkap di dalam rongga dan tidak dapat mengalir seluruhnya melalui lubang menuju ke rongga hidung. Sinusitis disebut akut bila gejalanya berlangsung kurang dari 4 minggu, akut bila berlangsung 4-12 minggu, dan kronis bila lebih dari 12 minggu. Di USA, ada lebih dari 3 juta kunjungan tiap tahunnya karena sinusitis akut.

Gejala Penyakit Sinusitis seperti Sakit kepala saat bangun tidur pagi hari, sakit kepala, nyeri atau sakit di sekitar mata, rahang atas, dan gigi. Selaput lendir hidung kemerahan dan membengkak.Kadang hidung meler atau tersumbat, kepekaan indra penciuman berkurang, saki ttelinga atau leher. Kadang-kadang lendir bernanah berwarna hijau atau kuning.Dapat pula disertai dengan kelemahan umum, bengkak di sekitar mata, hidung berair, batuk, dan radang tenggorokan.

Gejala sinusitis kronis, misalnya rongga hidung tersumbat, hidung meler, wajah terasa penuh, dan lemah. Sebagian besar merupakan kelanjutan dan sinusitis akut yang berlanjut.

Gejala dan penyebab sinusitis

Penanganan Penyakit Sinusitis dengan Menghindari polutan dan iritan, seperti asap. memberikan obat-obatan yang dianjurkan di bawah pengawasan dokter seperti Antibiotik namun sebaiknya Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan dosisnya.

Penanganan Penyakit Sinusitis lainnya adalah dengan Bedah, Pembedahan biasanya diindikasikan untuk menyelesaikan permasalahan anatomi yang berkaitan dengan penyakit tersebut. Efeknya menghilangkan sakit tersebut secara keseluruhan. Biasanya dokter tidak serta-merta mengarahkan teknik bedah. Selama penyakit belum parah dan bisa diatasi dengan obat-obatan ringan, bedah tidak akan dilakukan.

Untuk sinusitis akut, dokter akan mempertimbangkan pemberian berbagai obat pereda nyeri yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing penderita. Antibiotik dapat digunakan bila sinusitis akut disebabkan oleh infeksi bakteri.Apabila disebabkan oleh jamur, maka dapat diberikan obat anti jamur.

Untuk Sinusitis Kronis Tujuan mengobati sinusitis kronis adalah mengurangi peradangan sinus, menjaga kestabilan rongga hidung, menghilangkan penyebab yang mendasari, mengurangi sejumlah “gejolak” sinusitis yang sedang terjadi. Pada sinusitis kronis, gejala dapat diredakan dengan berbagai obat yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing penderita.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Comment

Silahkan kirim Komentar...
Mohon Maaf Dilarang Komentar SPAM, Porno, Sara, Komentar tersebut akan segera kami hapus. terimakasih

Markup
  • Plese... comment with not link active and promo.
  • Insert code <i rel="code"> code </i>
  • Insert long code <i rel="pre"> code </i>
  • Insert quote <i rel="quote"> quote </i>
  • Insert images <i rel="image"> image URL </i>
  • Inser video [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Then parse code in box
  • © 2015 Simple SEO ✔