Apa itu Penyakit Demam Rematik?

gambar penyakit demam rematik

Penyakit Demam rematik merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya dan penyakit ini paling sering dialami oleh anak-anak dan orang muda berumur belasan tahun. Penyakit ini dianggap sebagai keadaan allergic yang menyerang jaringan ikat dalam tubuh, yang menyebabkan nyeri dalam persendian.

Penyakit Demam rematik disebabkan oleh kuman atreptococculus yang terdapat di dalam kerongkogan, kuman akan terus mengganggu menyebabkan infeksi serta menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Gejala penyakit rematik ini seperti mula-mula menyerang kerongkongan atau selesma diikuti dengan serangan radang-radang tonsil atau scarlatina, terasa nyeri pada persendian, terutama pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki, kemudian pada sendi siku, Sendi-sendi membengkak dan sering terasa panas serta tampak merah, nyeri terasa juga pada otot-otot urat dan juga kehilangan selera dan perasaan lemah, pendarahan di hidung mungkin terjadi pada demam rematik walaupun tanpa luka.

Bila keadaan serius penyakit rematik akan menyerang jantug dengan gejala seperti bila nyeri di dada mungkin peradangan sudah mencapai selaput jantung dan otot-otot jantung itu sendiri, radang pada paru-paru, selaput dada dan nyeri di perut yang menyerupai radang umbai atau usus buntu yang akut, penderita mungkin gelisah karena gerakan otot-otot yang cepat dan tersentak-sentak yang tidak dikehendaki, gerakan tangan mungkin menjadi cepat tersentak-sentak dan tidak teratur, Otot-otot menjadi lemah dan ada kesulitan untuk mengunyah, menelan.

Tidak semua demam rematik mempunyai gejala nyata seperti ini pada penderita yang lain dan tarap yang rendah atau tipe terpendam dengan sedikit tanda-tanda yang nyata seperti pada anak-anak biasanya anak tersebut mudah menjadi lelah dan mungkin berat badannya tidak bertambah sebagaimana mestinya, mungkin denyutan nadinya yang cepat terus menerus dan demam sedikit yang berlangsung lama sekali.

Perawatan pada penderita penyakit demam rematik sebaiknya dirawat di rumah sakit dan ditangani oleh dokter karena bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Comment

Silahkan kirim Komentar...
Mohon Maaf Dilarang Komentar SPAM, Porno, Sara, Komentar tersebut akan segera kami hapus. terimakasih

Markup
  • Plese... comment with not link active and promo.
  • Insert code <i rel="code"> code </i>
  • Insert long code <i rel="pre"> code </i>
  • Insert quote <i rel="quote"> quote </i>
  • Insert images <i rel="image"> image URL </i>
  • Inser video [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Then parse code in box
  • © 2015 Simple SEO ✔