Apa Penyebab Gejala Penyakit Campak?

penyakit campak

Apa itu penyakit campak? campak adalah penyakit sangat menular karena tubuh mengalami infeksi oleh paramiksovirus atau virus campak.

Penyebab penyakit campak adalah paramiksovirus atau virus campak masuk kedalam tubuh kemudian menyebabkan terjadi infeksi menyebar ke tubuh, namun bila kekebalan tubuh cukup kuat infeksi tidak akan terjadi.

paramyxoviruses virus campak

Penyakit campak dapat menular melalui udara yang terhirup dari ludah keluar dari penderita penyakit campak, seseorang akan lebih kebal terkena serangan penyakit ini apalabila telah mendapatkan vaksinasi campak secara lengkap pada waktu kecil terlebih bila seseorang pernah menderita penyakit campak maka biasanya seumur hidup dia kebal mendapat serangan campak.
penyebab penyakit campak
Gejala penyakit campak biasanya adalah diawali dengan demam tinggi, mata menjadi warna merah, nyeri otot dan tenggorokan, pilek dan batuk batuk, dan bercak-bercak di kulit.

Gejala warna kemerahan dikulit dan sangat gatal gatalakan muncul dalam beberapa hari atau 3-5 hari dari gejala awal, kemudian diikuti dengan kulit kemerahan menonjol, gejala ruam dikulit akan menyebar ke tubuh dimulai dibagian wajah, telinga, dan di leher, kemudian dalam beberapa hari akan menyebar lagi ke bagian badan seperti tubuh lengan dan tangan.
grafik penderita penyakit campak

Pengobatan penyakit campak adalah dengan melakkukan instirahat total serta pemberian obat-obatan seperti penurun demam obat asetaminofen atau obat ibuprofen, untuk menjaga penyebaran infeksi diberikan obat antibiotik. penderita campak sebaiknya diberikan makanan dan minuman bergizi agar ketahanan tubuh semakin kuat.
gambar suntik vaksin campak

Pencegahan Penyakit campak biasanya pada waktu kecil seorang anak diberikan vaksin campak baik vaksin campak saja atau vaksin campak dikombinasi dengan campak jerman (Measles, MMR/Mumps, Rubella). pemberian vaksin tanpa kombinasi diberikan pada usia sembilan bulan apabila dalam bentuk mmr diberikan pada usia 12 bulan di dosis pertama dilanjutkan pemberian dosis ke dua di usia 5 tahun.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Comment
avatar

apakah bisa anak yg sudah divaksin terkena campak ?

Balas

Silahkan kirim Komentar...
Mohon Maaf Dilarang Komentar SPAM, Porno, Sara, Komentar tersebut akan segera kami hapus. terimakasih

Markup
  • Plese... comment with not link active and promo.
  • Insert code <i rel="code"> code </i>
  • Insert long code <i rel="pre"> code </i>
  • Insert quote <i rel="quote"> quote </i>
  • Insert images <i rel="image"> image URL </i>
  • Inser video [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Then parse code in box
  • © 2015 Simple SEO ✔