Apa Gejala Penyebab Osteoporosis?

penyakit osteoporosis tulang

Apa itu osteoporosis? penyakit osteoporosis merupakan tulang rapuh atau keropos tidak kuat akibat tulang sudah tidak padat lagi dan banyak zat yang hilang.

Penyakit osteoporosis terjadi biasanya karena kekurangan zat pembentuk tulang seperti zat kalsium, osteoporosis bisa terjadi karena memang kurang asupan zat kalsium atau faktor genetik atau faktor keturunan.

Osteoporosis tidak boleh dianggap penyakit remeh kerena tulang mempunyai peran penting dalam kesehatan dan aktifitas kerja mengingat tulang mempunya fungsi menopang beban tubuh dan beban dari luar, bila tulang sudah terganggu berakibat tubuh menjadi tidak pada posisi yang baik dan tubuh mengalami kesulitan dalam beraktifitas.

kondisi tulang osteoporosis

Osteoporosis sering terjadi pada wanita meskipun laki-laki juga bisa mengalaminya, wanita mempunyai resiko tinggi terkena osteoporosis bila melewati masa menopause yaitu masa mulai berhentinya sistem reproduksi seperti menstruasi mulai berhenti atau tidak stabil lagi.

Penyebab osteoporosis banyak faktor seperti terlalu sering minum-minuman keras atau alkohol dengan kandungan tinggi, kurang berolahraga menyebabkan osteoporosis karena dengan berolahraga tulang dan persendian lebih lentur dan terjaga dengan baik.

penyebab penyakit osteoporosis bisa karena sering merokok, kurang asupan makanan mengandung kalsium, dan kurang asupan vitamin D karena vitamin D membantu penyerapan kalsium dengan baik.

kandungan zat tulang osteoporosis

Penyebab osteoporosis lainnya adalah masalah umur, semakin tua seseorang maka akan mempunyai resiko tinggi mempunyai tulang keropos atau hilangnya zat kalsium pada tulang terutama resiko lebih tinggi terjadi pada wanita.

Gejala osteoporosis bisa dilihat dan dirasakan bila sering merasa nyeri dan sakit pada punggung, sakit punggung bukan saja karena ada beban namun dalam keadaan tulang tidak ada beban pun akan terasa nyeri dan sakit.

Gejala gejala penyakit osteoporosis lainnya adalah tinggi badan menjadi berkurang, hal ini sangat mungkin sekali karena dimensi atau volume tulang menjadi berkurang.

Gejala osteoporosis bahu badan menjadi miring serta tubuh menjadi membungkuk karena bentuk atau dimensi berubah, tubuh susah untuk berdiri tegak karena tubuh tidak kuat menyangga beban berat badannya sendiri, tulang bengkok atau melengkung pada bagian tulang belakang menyebabkan bagian perut terlihat lebih menonjol.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Comment
avatar

apakah osteoporosis sama dengan pengapuran sendi ?

Balas

Silahkan kirim Komentar...
Mohon Maaf Dilarang Komentar SPAM, Porno, Sara, Komentar tersebut akan segera kami hapus. terimakasih

Markup
  • Plese... comment with not link active and promo.
  • Insert code <i rel="code"> code </i>
  • Insert long code <i rel="pre"> code </i>
  • Insert quote <i rel="quote"> quote </i>
  • Insert images <i rel="image"> image URL </i>
  • Inser video [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Then parse code in box
  • © 2015 Simple SEO ✔